Monday, June 1, 2015

ORANG BERPENGERTIAN BERKEPALA DINGIN



Orang yg berpengetahuan menahan perkataannya, Orang berpengertian berkepala dingin - Amsal 17:27-
Si pemarah membangkitkan pertengkaran, tetapi orang yg sabat memadamkan pertengkaran. -Amsal 15:18-

Seringkali saya dg mudah terpacu dengan sedikit perkataan nylekit yg keluar dr anak didik saya. 
Dan langsung marahlah saya krn saya merasa disepelekan, tdk dihargai. Sebenarnya harga diri saya yg kena. 

Saya kdg bingung hrs menjadi guru spt apa. Maksudnya, saya biasanya apa adanya, tp di sekolah saya terkesan kaku dan tdk bisa tersenyum demi jaga image. Tp itu semakin membuat saya tdk disukai. 
Padahal saya pada dasarnya aangat suka menyapa dan berguyon ria dg anak2.

Kerinduan saya bisa menjadi teman dan guru yg disayangi. Tapi semakin disini semakin saya salah memposisikan diri.  saya spt menjaga jarak dg mereka karena jaim. Dan spt ada tulisan di leher saya "membungkuk pada saya, hormati saya krn saya guru anda!"

Saya merasa sngat diabaikan jika hal itu terjadi. 
Dan saya marah dg cepat. 

Lalu, dg perbantahan yg tdk hrs terjadi ketika saya seharusnya saya sabar.

Kenapa saya harus sabar?
Karena mereka anak2, mereka butuh penjelasan dg sabar n lemah lembut  

Kenapa hrs lemah lembut?
Karena saya yg lebih dewasa. 
Akan sangat bodoh meminta anak yg 10 tahun lebih muda drpadaku pd usia remaja mereka dg jiwa berontak yg lg tinggi2nya dan menanggapi sikap berontak mereka dg ancaman dan gertakan. Mereka pasti akan menyerang dan makin berontak. 

Ahh, sakit rasanya mengetahui betapa bodohnya aku selama ini Tuhan. 

Maksudku, tindakanku sangat berbeda dg pengetahuan dasar yg aku tau. 

Tapi pengetahuan yg hanya sampai di otak memang hanya jadi teori. 

Butuh kejadian yg menyadarkan jiwaku sehingga pengetahuan itu masuk dlm hatiku. 

Ahh, sakit dan malu rasanya. 
Tapi aku mau belajar jujur di hadapan Tuhan dg mengakui aku apa adanya. 
Ini aku Tuhan, ini aku... 


No comments:

Partners