Sunday, May 15, 2011

Pride and Prejudice :: ♥ Jatuh Cinta pada Mr.DARCY!!!! ♥

WHOOOOAAAA.... FANSKU PASTI PATAH HATI MEMBACA JUDUL DI ATAS!! heheheheh ::narsis.co.kr:: 

guess who is he??? 
kalau penggemar sastra dan suka novel berbahasa Inggris classic (bahasa kerennya :JADUL!) pasti tahu (paling nggak pernah denger lahhh... ) PRIDE AND PREJUDICE

.
Pride and prejudice

Nahhh...sudah hampir setahun ini aku bergumul dengan novel dan film ini demi keperluan SKRIPSI ku.  Dari yang membedah karakter-karakternya, social backgroundnya, culture and customs-nya, alur cerita, sifat-sifat dan lain-lain. Jadi benar kata orang "tidak kenal maka tidak sayang". Saking "kenalnya" aku dengan novel ini, sampai bener-bener jatuh cinta pada tokoh si Mr. Darcy (nggak cinta cinta gituuu sih... apa ya? hmmm, bisa dibilang nge-fans or simpati gitu) 

Si Mr. Darcy ini ceritanya Mr.cool tajir yang nggak pandai bergaul, arrogant, dan nggak pandai berbasa-basi ma orang yang belum dikenal. Gara-gara neliti ni novel, (ngelihat di wikipedia) aku baru tahu kalau HANA YORI DANGO a.k.a F4 a.k.a BOYS BEFORE FLOWER a.k.a Cinta cenat cenut itu bertema sama ama Pride and Prejudice. Emang nggak sama-sama banget, secara Mr. Darcy nggak punya geng cowok-cowok keren kayak SM*sh atau F4 kali. tapi pada tema ceritanya tentang kelas sosial yang menjadi penghalang di antara dua insan yang sedang jatuh cinta (jiahhh bahasanya...).

Mr.Darcy

Sebenarnya apa sih yang kusukai dari Mr. Darcy and Pride and Prejudice ini sampai menjadi novel yang aku pilih menjadi KARYA BESARKU di akhir perkuliahanku??

Ada banyak hal yang bisa aku pelajari dari Novel dan Film Pride and Prejudice ini, baik dari sifat-sifat tokohnya seperti Elizabeth Bennet yang tergolong sangat cerdas, berpandangan luas, non-conservative, punya integritas yang tinggi. Sekali dia nggak mau sekalipun dipaksa, dia tetap teguh mempertahankan dirinya. Sedang Mr. Darcy hmmm... aku tahu ni cowok pasti idaman cewek-cewek manapun (yahh semua tergantung persnal taste sih) Bukan tajirnya yang bikin Elizabeth (dan aku!) meleleh tapi sifatnya yang gentleman itu lho. Gentle kan berarti lembut. jadi ni cowok dibalik mukanya yang garang and arrogant tapi hatinya lembutt (stop sampai disini! lembut disini berarti baik lhooo...bukannya lembek alias ehem, banci!) 
Mr.Darcy at Rosing

Buktinya, si Elizabeth kan udah nolak dia ni (baca:Pride and Prejudice atau tonton aja deh, mungkin agak boring alur ceritanya tapi si cantik Keira Knightley pasti bikin melek dahh!)  tapi si Darcy masih aja tuh dengan sukarela, senang hati membantu keluarga Elizabeth untuk adiknya yang kawin lari itu. so sweet bgt emang ni cowok! Apalagi kalau udah pada nonton filmnya ni... keren lho setting-setting tempatnya. Meskipun filmnya classic tapi gambar, fashion, dan latar belakang yang dipakai nggak jadul kayak film tahun 80an gitu. nggak! keren bgt malah! Tempat dimana Darcy menyatakan cinta pertama kali ama Lizzie. Keren!! Apalagi Pemberley (rumahnya akang Darcy!) kereennnnnn bgt!!

ehem... kembali pada novel ini (maaf, ngatur isi ni tulisan meloncat-loncat, asal aja sih). Ada beberapa hal yang begitu mengena padaku tentang isi novel ini. 

1. Dont Go with the rest if you can get the best!
    Ini keren banget! Ceritanya nih, bapaknya Elizabeth kan punya keponakan laki-laki, Mr.Collins namanya. nah si Collins ini kalau di film digambarkan pendek, aneh, penjilat, nerd, meskipun pendeta tapi nggak keliatan kharismanya. Lha si Collins suka mulanya sama si Jane, kakaknya Elizabeth, tapi berhubung Jane sudah ditaksir Mr. BIngley, Collins beralih ke Elizabeth. Ceritanya Collins ngebet pengen cepet-cepet nikah gitu. Nah si Mamanya Lizzie yang juga ngebet pengen anak-anaknya cepet menikah, ya tentu saja mendukung banget biar si Lizzie cepet married, akhirnya nggak pandang bibit, bebet, bobotnya si Collins Mama Bennet sudah memaksa Elizabeth menerima pinangan Collins. Untung banget deh Lizzie benar-benar kuat pendiriannya dan nggak mau nuruti si Mama, kalau saja Lizzie mau married ma Collins wah ceritanya Cinderella sudah habis juga. Nggak bakal sama Mr.Darcy yang seribu kali lipat lebih baik daripada si Collins. 

Disini kalau buat aku, aku bisa mengambil moral value, bahwa sometimes kita harus berani menolak yang namanya "tawaran" apapun itu (bisa jodoh,pekerjaan,dll) yang sebenarnya asal bgt dan nggak kita banget deh! oke, disini konteks utamanya cari jodoh. Nah,kalau cuma buru-buru takut ketuaan trus nabrak-nabrak cari jodoh, asal cakep dikit, asal tajir dikit, asal baik dikit, tapi nggak seiman, tapi ada banyak hal yang sebenarnya nggak sinkron ma kita, HATI-HATI! kita bisa nyesel nantinya. Lebih baik menolak sesuatu yang ditawarkan orang yang tidak sesuai dengan hati kita. Dari pada kehilangan Mr.Darcy yang terbaik buat kita.


2. A Father's love : He wont let you go with someone who don't deserve you!
‘Well, my dear,’ said he, when she ceased speaking, ‘I have no more to say. If this be the case, he deserves you. I could not have parted with you, my Lizzy, to anyone less worthy.’

ini cuplikan perkataan Mr.Bennet, Bokapnya Lizzy waktu Lizzy memutuskan married dengan Mr.Darcy karena cinta! so sweet! a Father's love itu kayak gitu ya... btw, Elizabeth itu juga putri kesayangan Papanya, karena yang paling mirip dengan Papanya. Paling pintar dan suka membaca juga kayak Papanya. Makanya, Papanya malah membela Lizzy waktu Mamanya mojokin Lizzy buat married ama Collins. Dan perkataan beliau ini lho...bikin lumer. Seorang Bapa tidak mungkin membiarkan anaknya menikahi, end-up, hidup dengan orang yang TIDAK PANTAS mendapatkan putrinya. 

Nah kalau cerita ayah yang sederhana dalam novel saja bisa seperti itu, palagi BAPAmu yang di surga. DIA lebih lagi nggak pengin kamu memilih orang yang salah untuk menjadi tambatan hati dan pasangan hidupmu. DIA nggak akan rela kalau putri kesayangannya hidup dengan orang yang salah, YANG NGGAK PANTAS MENDAPATKAN KITA. WHO DONT DESERVED US!
 
Dari film dan novel ini lebih banyak lagi yang bisa kita peroleh. tapi sementara ini, dua itu aja dulu deh. direnungkan baik-baik and setelah itu boleh deh baca novel ini (berbahasa inggris sih hehehe) dan nonton filmnya. kerenn kok! nggak bakal rugi dah!

 -to be continued-
Dont go with the rest if you can get the best
Your FATHER may not allowed you to go with someone who DONT DESERVED you

-Lee Naomi-



1 comment:

SoleildeLamer said...

hish... jangan mau kalah sama Lizzy, semangat!!!

Partners